Pembahasan tentang RPP bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 .
Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan, yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
....................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/1
Standar Kompetensi
: Mendengarkan
1. ( memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan -berita)
Kopetensi dasar :
1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
1.Peserta didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita
yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
2.Peserta didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi
isi berita
3.Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu
alinea
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.
Materi Pembelajaran
Penyimpulan pikiran, pendapat dan gagasan dalam wacana
C.
Metode Pembelajaran
Tanya
jawab, diskusi dan penugasan
Teks
wawancara tentang tokoh idola
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1)
Peserta didik
Membacakan teks berita
2)
Peserta didik
mendengarkan teks berita yang dibacakan
3)
Peserta didik
diminta bertanya tentang manfaat berita yang dibacakab
Motivasi :
1)
Menjelaskan isi
berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Kegitan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman
wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian
( respect )
F Mendata
pikiran, pendapat dan gagasan yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas
dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat,
gagasan, yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian
( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang
tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara Secara Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui
wawancara kedalam beberapa kalimat singkat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian
( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan
agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi
untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
E.
Sumber Belajar
a. Bagan identifikasi pengalaman
b. Gambar
c. VCD
d. Narasumber
e. Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
F.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal/Instrumen
|
|
· Mampu menulis isi/sari
berita yang didengarkan/dibacakan
· Mampu menyimpulkan
isi/sari berita dalam satu alinea
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh
isi/sari berita yang dibacakan!
·
Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke
dalam satu alinea!
|
No
|
Butir
Soal
|
Skor maksimal
|
1
2
3
|
Tulislah
minimal 3 pokok berita yang terdapat dalam teks berita yang dibacakan !
Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya !
Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan
ke dalam satu alinea
|
3
4
3
|
Jumlah
|
10
|
Kriteria
Penilaian
Soal
Nomor 1 :
1.
Apabil Peserta
didik menjawab satu dari tiga pokok berita
2.
Apabila hanya dua
yang benar
3.
Apabila Peserta
didik menjawab lengkap dan benar
Soal
Nomor 2 :
1. Apabila Peserta didik menjawab benar nilai 4
2. Apabila Peserta didik menjawab kurang sempurna nilai 2
3. Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Soal
Nomor 3 :
1 Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan
dengan benailai 3
2.Apabila Peserta didik
dapat menyimpulkan tetapi kurang sempurna nilai 2
3.Apabila
Peserta didik salah diberi nilai 1
Penghitungan nilaian Akhir : Perolehan
skor x 100
Skor Maksimum
Mengetahui,
Kepala
...............……………
(__________________________)
NIP / NIK :
..........................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel BHS
(_______________________)
NIP / NIK :
..........................
|
Selengkapnya silahkan klik
RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 dan 2
Add Comments