RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SMP ............................
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
BAHASA INGGRIS
|
KELAS/SEMESTER
|
:
|
VII/I
|
MATERI POKOK
|
:
|
Teks lisan dan tulis untuk sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
|
ALOKASI WAKTU
|
:
|
1 X 2 JP
|
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta
didik mampu:
1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2. Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.
Menyusun teks lisan sederhana untuk
mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
dasar
1.1
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan
dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
Indikator
1.
Menunjukan
sikap sungguh-sungguh dalam belajar.
2.
Menunjukan
sikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai
dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.
Memahami,
menyatakan, dan menanyakan teks lisan berupa ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan
maaf, serta responnya.
4.
Menggunakan
struktur teks lisan berupa ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf, serta responnya
yang runut dan tepat.
5.
Menggunakan
unsur-unsur kebahasaan (intonasi, ucapan dan tekanan kata) dalam teks lisan
berupa ungkapan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta
responnya yang benar.
C.
MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi
Sosial
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur
teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.
Good morning. How are you?,
Fine, thank you. And you? dan semacamnya
b.
Goodbye. Bye. See you later. See you. Take care., dan semacamnya
c.
Thank you. You are welcome., dan semacamnya
d.
I’m sorry. That’s fine, okay. Allright., dan semacamnya
Unsur
kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
D.
METODE PEMBELAJARAN
Scientific
Approach
dengan model Project Based Learning
E.
MEDIA PEMBELAJARAN
Papan tulis dan
spidol
F.
SUMBER BELAJAR
Buku paket siswa
“When English Rings a Bell” kelas VII halaman 2 – 6
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Fase
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Peserta didik merespon salam yang
disampaikan oleh guru
2. Peserta didik merespon pertanyaan
guru berkaitan dengan materi yang akan diajarkan (how are you?)
3. Peserta didik memahami tujuan
pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mengamati lagu yang dinyanyikan oleh guru.
·
Peserta didik menyanyikan kembali lagu yang dinyanyikan oleh
guru sambil diamati.
·
Peserta didik mengamati percakapan yang terdapat pada buku.
·
Peserta didik mendengarkan secara seksama contoh percakapan yang
dibacakan oleh guru.
·
Peserta didik mengikuti percakapan yang dicontohkan oleh guru.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan penggunaan ungkapan “good morning”
Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik mengidentifikasi fungsi penggunaan ungkapan “good
morning” dari contoh percakapan yang
diberikan.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik menyusun dialog menggunakan ungkapan good morning
dan mempraktikannya dengan temannya secara berpasangan.
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik berlatih menggunakan ungkapan good morning kepada
warga sekolah dan mencatat kepada siapa saja mereka mengungkapkan kata
tersebut.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik bersama guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2. Peserta didik melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
3. Peserta didik merespon pertanyaan
yang diberikan oleh guru terkait materi pembelajaran.
4. Peserta didik mengetahui materi
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5. Peserta didik merespon salam yang
diberikan oleh guru.
|
10 menit
|
H.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi sosial ungkapan sapaan
·
Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks sapaan.
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa
kata, ucapan, tekanan kata, intonasi dalam teks lisan sapaan.
·
Sikap tanggung jawab, kerja sama, peduli, dan percaya
diri yang menyertai tindakan sapaan.
2.
Cara Penilaian
·
Penilaian unjuk
kerja role play
Nilai
|
Kriteria
|
Terbatas
|
Membaca naskah, kosa
kata terbatas, tidak lancar
|
Memuaskan
|
Lancar, kosa kata dan
kalimat berkembang serta ada transisi
|
Mahir
|
Lancar mencapai fungsi
sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
·
Penilaian Sikap
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Santun
|
Sangat sering menunjukan sikap santun
|
5
|
Sering menunjukan sikap santun
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap santun
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap santun
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap santun
|
1
|
||
2
|
Peduli
|
Sangat sering menunjukan sikap peduli
|
5
|
Sering menunjukan sikap peduli
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap peduli
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap peduli
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap peduli
|
1
|
||
3
|
Jujur
|
Sangat sering menunjukan sikap jujur
|
5
|
Sering menunjukan sikap jujur
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap jujur
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap jujur
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap jujur
|
1
|
||
4
|
Disiplin
|
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
|
5
|
Sering menunjukan sikap disiplin
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap disiplin
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
|
1
|
||
5
|
Percaya diri
|
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri
|
5
|
Sering menunjukan sikap percaya diri
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan percaya diri
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap percaya diri
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri
|
1
|
||
6
|
Bertanggung jawab
|
Sangat sering menunjukan sikap bertanggung
jawab
|
5
|
Sering menunjukan sikap bertanggung jawab
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan bertanggung jawab
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap bertanggung jawab
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung
jawab
|
1
|
||
7
|
Kerja sama
|
Sangat sering menunjukan sikap kerja sama
|
5
|
Sering menunjukan sikap kerja sama
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap kerja sama
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap kerja sama
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap kerja sama
|
1
|
||
8
|
Cinta damai
|
Sangat sering menunjukan sikap cinta damai
|
5
|
Sering menunjukan sikap cinta damai
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap cinta damai
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap cinta damai
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap cinta damai
|
1
|
||
9
|
Berkomunikasi baik
|
Sangat sering menunjukan sikap berkomunikasi
baik
|
5
|
Sering menunjukan sikap berkomunikasi baik
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap berkomunikasi
baik
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap berkomunikasi baik
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap berkomunikasi
baik
|
1
|
·
Penilaian Pengetahuan
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Tujuan komunikatif
|
Sangat memahami
|
5
|
Memahami
|
4
|
||
Cukup memahami
|
3
|
||
Kurang memahami
|
2
|
||
Tidak memahami
|
1
|
||
2
|
Kerunutan teks
|
Sangat runut
|
5
|
Runut
|
4
|
||
Cukup runut
|
3
|
||
Kurang runut
|
2
|
||
Tidak runut
|
1
|
||
3
|
Pilihan kosa kata
|
Sangat variatif dan tepat
|
5
|
Variatif dan tepat
|
4
|
||
Cukup variatif dan tepat
|
3
|
||
Kurang variatif dan tepat
|
2
|
||
Tidak variatif dan tepat
|
1
|
||
4
|
Pilihan tata bahasa
|
Sangat tepat
|
5
|
Tepat
|
4
|
||
Cukup tepat
|
3
|
||
Kurang tepat
|
2
|
||
Tidak tepat
|
1
|
·
Penilaian Keterampilan
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Pengucapan
|
Hampir sempurna
|
5
|
Ada beberapa kesalahan namun tidak
mengganggu makna
|
4
|
||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu
makna
|
1
|
||
2
|
Intonasi
|
Hampir sempurna
|
5
|
Ada beberapa kesalahan namun tidak
mengganggu makna
|
4
|
||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu
makna
|
1
|
||
3
|
Kelancaran
|
Sangat lancar
|
5
|
Lancar
|
4
|
||
Cukup lancar
|
3
|
||
Kurang lancar
|
2
|
||
Tidak lancar
|
1
|
||
4
|
Ketelitian
|
Sangat teliti
|
5
|
Teliti
|
4
|
||
Cukup teliti
|
3
|
||
Kurang teliti
|
2
|
||
Tidak teliti
|
1
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
............................
|
................., ................ 2014
Guru Mata Pelajaran
.......................
|
Add Comments