-->

RPP Bahasa Inggris Kelas.8 (a) meminta perhatian “When English Rings a Bell” kelas VIII halaman 2–7 (Kurikulum 2013)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN
:
SMP  ........................
MATA PELAJARAN
:
BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER
:
VIII/I
MATERI POKOK
:
Teks lisan dan tulis untuk (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat serta responnya.
ALOKASI WAKTU
:
4 X 2 JP



A.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa terampil memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat serta responnya, untuk melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman, menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai.

 B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
         Kompetensi dasar
        1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
              komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
        2.1. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komuknikasi antar 
              pribadi dengan guru dan teman.
        2.2. Menunjukkan jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan 
              komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
        2.3.  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam 
              melaksanakan komunikasi fungsional.
        3.1   Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari 
              ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang 
              baik, dan meminta   dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, sesuai dengan 
              konteks penggunaannya.
        4.1  Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta 
              perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, dengan memperhatikan 
              fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Indikator
1.    Menunjukan sikap sungguh-sungguh dalam belajar.
2.    Menunjukan sikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.    Memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya.
4.    Menggunakan struktur teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya yang runut dan tepat.
5.    Menggunakan unsur-unsur kebahasaan (intonasi, ucapan dan tekanan kata) dalam teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya yang benar.
 
C.    MATERI PEMBELAJARAN

Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.    Excuse me. Attention, please. Yes, please. Alright., dan semacamnya
b.    She’s kind, isn’t she? Yes she is. Understood? Is it clear? Yes, sir., dan semacamnya.
c.    That’s great. It’s beautiful. Excellent! Thank you., dan semacamnya.
d.    What do you think? Rudi did it well, didn’t he? Is that how you say it? Yes, I think so. I don’t think so. No., dan semacamnya.

Unsur kebahasaan
a.    Kosakata    : kata sifat sederhana
b.    Tata bahasa    : kata rujukan it, they, these, those, that, this.
c.    Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, 
       their, dsb secara tepat dalam frase nominal.
d.    Ucapan, tekanan kata, dan intonasi
e.    Ejaan dan tanda baca
f.    Tulisan tangan

Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, displin, percaya diri, dan bertanggung jawab.



       D.METODE PEMBELAJARAN
           Scientific Approach dengan model Problem Based Learning

       E.MEDIA PEMBELAJARAN
           Papan tulis dan spidol

      F. SUMBER BELAJAR
          a.Buku Teks wajib
          b.Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi
             interpersonal/transaksional dengan benar dan akurat
          c.Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
         d.Contoh interaksi tertulis
         e.Contoh teks tertulis
         f.Sumber dari internet



Fase
Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.    Peserta didik merespon salam yang disampaikan oleh guru
2.    Peserta didik merespon pertanyaan guru berkaitan dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya
3.    Peserta didik menebak kata yang dimiliki oleh guru dengan menggunakan permainan “hang man”
4.    Peserta didik mencari arti kata yang sudah ditebak.
5.    Peserta didik mengaitkan kata yang ditebak untuk merumuskan tujuan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru
6.    Peserta didik memahami tujuan pembelajaran hari ini
10 menit
Inti
Mengamati
·      Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang dipilih untuk mendekatkan hubungan interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·      Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat serta meresponnya, dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·      Siswa menirukan contoh-contoh interaksi (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.
·      Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa membandingkan ungkapan (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·      Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
60 menit
Penutup
1.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.       Peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
3.       Peserta didik merespon pertanyaan yang diberikan oleh guru terkait materi pembelajaran.
4.       Peserta didik mengetahui materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.       Peserta didik merespon salam yang diberikan oleh guru.
10 menit

H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
 1. Kriteria Penilaian
 a.    Tingkat ketercapaian fungsi sosial (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.
b.    Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.
c.    Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
d.    Sikap santun, peduli, dan percaya diri yang menyertai (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.

2.    Cara Penilaian
a.    Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, serta responnya.


Nilai
Kriteria
Terbatas
Membaca naskah, kosa kata terbatas, tidak lancar
Memuaskan
Lancar, kosa kata dan kalimat berkembang serta ada transisi
Mahir
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai

 b.    Observasi:
•    (penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
•    Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, dan (d) meminta maaf ketika muncul kesempatan di dalam dan di luar kelas.
•    Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
•    Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

Penilaian Sikap


No.
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Santun
Sangat sering menunjukan sikap santun
5
Sering menunjukan sikap santun
4
Beberapa kali menunjukan sikap santun
3
Pernah menunjukan sikap santun
2
Tidak pernah menunjukan sikap santun
1
2
Peduli
Sangat sering menunjukan sikap peduli
5
Sering menunjukan sikap peduli
4
Beberapa kali menunjukan sikap peduli
3
Pernah menunjukan sikap peduli
2
Tidak pernah menunjukan sikap peduli
1
3
Jujur
Sangat sering menunjukan sikap jujur
5
Sering menunjukan sikap jujur
4
Beberapa kali menunjukan sikap jujur
3
Pernah menunjukan sikap jujur
2
Tidak pernah menunjukan sikap jujur
1
4
Disiplin
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
5
Sering menunjukan sikap disiplin
4
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
3
Pernah menunjukan sikap disiplin
2
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
1
5
Percaya diri
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri
5
Sering menunjukan sikap percaya diri
4
Beberapa kali menunjukan percaya diri
3
Pernah menunjukan sikap percaya diri
2
Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri
1
6
Bertanggung jawab
Sangat sering menunjukan sikap bertanggung jawab
5
Sering menunjukan sikap bertanggung jawab
4
Beberapa kali menunjukan bertanggung jawab
3
Pernah menunjukan sikap bertanggung jawab
2
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung jawab
1
7
Kerja sama
Sangat sering menunjukan sikap kerja sama
5
Sering menunjukan sikap kerja sama
4
Beberapa kali menunjukan sikap kerja sama
3
Pernah menunjukan sikap kerja sama
2
Tidak pernah menunjukan sikap kerja sama
1
8
Cinta damai
Sangat sering menunjukan sikap cinta damai
5
Sering menunjukan sikap cinta damai
4
Beberapa kali menunjukan sikap cinta damai
3
Pernah menunjukan sikap cinta damai
2
Tidak pernah menunjukan sikap cinta damai
1
9
Berkomunikasi baik
Sangat sering menunjukan sikap berkomunikasi baik
5
Sering menunjukan sikap berkomunikasi baik
4
Beberapa kali menunjukan sikap berkomunikasi baik
3
Pernah menunjukan sikap berkomunikasi baik
2
Tidak pernah menunjukan sikap berkomunikasi baik
1


 Penilaian Pengetahuan


No.
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Tujuan komunikatif
Sangat memahami
5
Memahami
4
Cukup memahami
3
Kurang memahami
2
Tidak memahami
1
2
Kerunutan teks
Sangat runut
5
Runut
4
Cukup runut
3
Kurang runut
2
Tidak runut
1
3
Pilihan kosa kata
Sangat variatif dan tepat
5
Variatif dan tepat
4
Cukup variatif dan tepat
3
Kurang variatif dan tepat
2
Tidak variatif dan tepat
1
4
Pilihan tata bahasa
Sangat tepat
5
Tepat
4
Cukup tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1


 Penilaian Keterampilan


No.
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Pengucapan
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
2
Intonasi
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
3
Kelancaran
Sangat lancar
5
Lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1
4
Ketelitian
Sangat teliti
5
Teliti
4
Cukup teliti
3
Kurang teliti
2
Tidak teliti 
1


c.    Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, termasuk kemudahan dan kesulitannya.


Mengetahui,                                                                            .................., ............... 2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran                 
                                



...............................                                                                  .....................................
 


pariwara