RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN
|
:
|
SMP ........................
|
MATA
PELAJARAN
|
:
|
BAHASA
INGGRIS
|
KELAS/SEMESTER
|
:
|
VIII/I
|
MATERI
POKOK
|
:
|
Teks lisan dan tulis untuk (a)
meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan
(d) meminta/mengungkapkan pendapat serta responnya.
|
ALOKASI
WAKTU
|
:
|
4
X 2 JP
|
Siswa terampil memahami, menyatakan,
dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk (a) meminta perhatian, (b) mengecek
pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan
pendapat serta responnya, untuk melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman, menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runut dengan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
Kompetensi dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komuknikasi antar
2.1. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komuknikasi antar
pribadi dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
2.2. Menunjukkan jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari
3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari
ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang
baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta
4.1 Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta
perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator
1. Menunjukan sikap sungguh-sungguh dalam belajar.
2. Menunjukan sikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3. Memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya.
4. Menggunakan struktur teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya yang runut dan tepat.
5. Menggunakan unsur-unsur kebahasaan (intonasi, ucapan dan tekanan kata) dalam teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya yang benar.
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Menunjukan sikap sungguh-sungguh dalam belajar.
2. Menunjukan sikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3. Memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya.
4. Menggunakan struktur teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya yang runut dan tepat.
5. Menggunakan unsur-unsur kebahasaan (intonasi, ucapan dan tekanan kata) dalam teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya yang benar.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a. Excuse me. Attention, please. Yes, please. Alright., dan semacamnya
b. She’s kind, isn’t she? Yes she is. Understood? Is it clear? Yes, sir., dan semacamnya.
c. That’s great. It’s beautiful. Excellent! Thank you., dan semacamnya.
d. What do you think? Rudi did it well, didn’t he? Is that how you say it? Yes, I think so. I don’t think so. No., dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
a. Kosakata : kata sifat sederhana
b. Tata bahasa : kata rujukan it, they, these, those, that, this.
c. Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my,
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a. Excuse me. Attention, please. Yes, please. Alright., dan semacamnya
b. She’s kind, isn’t she? Yes she is. Understood? Is it clear? Yes, sir., dan semacamnya.
c. That’s great. It’s beautiful. Excellent! Thank you., dan semacamnya.
d. What do you think? Rudi did it well, didn’t he? Is that how you say it? Yes, I think so. I don’t think so. No., dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
a. Kosakata : kata sifat sederhana
b. Tata bahasa : kata rujukan it, they, these, those, that, this.
c. Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my,
their, dsb secara tepat dalam frase nominal.
d. Ucapan, tekanan kata, dan intonasi
e. Ejaan dan tanda baca
f. Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, displin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
d. Ucapan, tekanan kata, dan intonasi
e. Ejaan dan tanda baca
f. Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, displin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
Scientific Approach dengan model Problem Based Learning
E.MEDIA PEMBELAJARAN
Papan tulis dan spidol
F. SUMBER BELAJAR
a.Buku Teks wajib
b.Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi
interpersonal/transaksional dengan benar dan akurat
c.Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
d.Contoh interaksi tertulis
e.Contoh teks tertulis
f.Sumber dari internet
Fase
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Peserta didik merespon salam yang
disampaikan oleh guru
2. Peserta didik merespon pertanyaan
guru berkaitan dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya
3. Peserta didik menebak kata yang
dimiliki oleh guru dengan menggunakan permainan “hang man”
4. Peserta didik mencari arti kata yang
sudah ditebak.
5. Peserta didik mengaitkan kata yang
ditebak untuk merumuskan tujuan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru
6. Peserta didik memahami tujuan
pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain (a) meminta perhatian,
(b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat serta
meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang dipilih untuk mendekatkan hubungan
interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·
Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan
tersebut dengan (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang
baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat serta
meresponnya, dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan
(a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang
baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya, dalam bahasa
Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
· Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi (a) meminta perhatian,
(b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat serta
responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·
Siswa menirukan contoh-contoh interaksi (a) meminta perhatian,
(b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta
responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan
sikap yang benar.
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang
baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.
· Secara kolaboratif, siswa berusaha
menggunakan bahasa Inggris untuk (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c)
menghargai kinerja yang baik, dan
(d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya dalam konteks pembelajaran,
simulasi, role-play, dan kegiatan
lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan (a) meminta perhatian,
(b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai
sumber tersebut di atas.
·
Siswa membandingkan ungkapan (a) meminta perhatian,
(b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali
muncul kesempatan (a) meminta
perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan
yang dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
·
Siswa
berupaya
berbicara secara lancar dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis
dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami
dalam menggunakan bahasa Inggris untuk (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c)
menghargai kinerja yang baik, dan
(d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik bersama guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2. Peserta didik melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
3. Peserta didik merespon pertanyaan
yang diberikan oleh guru terkait materi pembelajaran.
4. Peserta didik mengetahui materi
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5. Peserta didik merespon salam yang
diberikan oleh guru.
|
10 menit
|
H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Kriteria Penilaian
a. Tingkat ketercapaian fungsi sosial (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.
b. Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.
c. Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
d. Sikap santun, peduli, dan percaya diri yang menyertai (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.
2. Cara Penilaian
a. Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, serta responnya.
Nilai
|
Kriteria
|
Terbatas
|
Membaca naskah, kosa
kata terbatas, tidak lancar
|
Memuaskan
|
Lancar, kosa kata dan
kalimat berkembang serta ada transisi
|
Mahir
|
Lancar mencapai fungsi
sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
b. Observasi:
• (penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
• Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, dan (d) meminta maaf ketika muncul kesempatan di dalam dan di luar kelas.
• Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
• Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.
Penilaian Sikap
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Santun
|
Sangat sering menunjukan sikap santun
|
5
|
Sering menunjukan sikap santun
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap santun
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap santun
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap santun
|
1
|
||
2
|
Peduli
|
Sangat sering menunjukan sikap peduli
|
5
|
Sering menunjukan sikap peduli
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap peduli
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap peduli
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap peduli
|
1
|
||
3
|
Jujur
|
Sangat sering menunjukan sikap jujur
|
5
|
Sering menunjukan sikap jujur
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap jujur
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap jujur
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap jujur
|
1
|
||
4
|
Disiplin
|
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
|
5
|
Sering menunjukan sikap disiplin
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap disiplin
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
|
1
|
||
5
|
Percaya diri
|
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri
|
5
|
Sering menunjukan sikap percaya diri
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan percaya diri
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap percaya diri
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri
|
1
|
||
6
|
Bertanggung jawab
|
Sangat sering menunjukan sikap bertanggung
jawab
|
5
|
Sering menunjukan sikap bertanggung jawab
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan bertanggung jawab
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap bertanggung jawab
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung
jawab
|
1
|
||
7
|
Kerja sama
|
Sangat sering menunjukan sikap kerja sama
|
5
|
Sering menunjukan sikap kerja sama
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap kerja sama
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap kerja sama
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap kerja sama
|
1
|
||
8
|
Cinta damai
|
Sangat sering menunjukan sikap cinta damai
|
5
|
Sering menunjukan sikap cinta damai
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap cinta damai
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap cinta damai
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap cinta damai
|
1
|
||
9
|
Berkomunikasi baik
|
Sangat sering menunjukan sikap berkomunikasi
baik
|
5
|
Sering menunjukan sikap berkomunikasi baik
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap berkomunikasi
baik
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap berkomunikasi baik
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap berkomunikasi
baik
|
1
|
Penilaian Pengetahuan
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Tujuan komunikatif
|
Sangat memahami
|
5
|
Memahami
|
4
|
||
Cukup memahami
|
3
|
||
Kurang memahami
|
2
|
||
Tidak memahami
|
1
|
||
2
|
Kerunutan teks
|
Sangat runut
|
5
|
Runut
|
4
|
||
Cukup runut
|
3
|
||
Kurang runut
|
2
|
||
Tidak runut
|
1
|
||
3
|
Pilihan kosa kata
|
Sangat variatif dan tepat
|
5
|
Variatif dan tepat
|
4
|
||
Cukup variatif dan tepat
|
3
|
||
Kurang variatif dan tepat
|
2
|
||
Tidak variatif dan tepat
|
1
|
||
4
|
Pilihan tata bahasa
|
Sangat tepat
|
5
|
Tepat
|
4
|
||
Cukup tepat
|
3
|
||
Kurang tepat
|
2
|
||
Tidak tepat
|
1
|
Penilaian Keterampilan
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Pengucapan
|
Hampir sempurna
|
5
|
Ada beberapa kesalahan namun tidak
mengganggu makna
|
4
|
||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu
makna
|
1
|
||
2
|
Intonasi
|
Hampir sempurna
|
5
|
Ada beberapa kesalahan namun tidak
mengganggu makna
|
4
|
||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu
makna
|
1
|
||
3
|
Kelancaran
|
Sangat lancar
|
5
|
Lancar
|
4
|
||
Cukup lancar
|
3
|
||
Kurang lancar
|
2
|
||
Tidak lancar
|
1
|
||
4
|
Ketelitian
|
Sangat teliti
|
5
|
Teliti
|
4
|
||
Cukup teliti
|
3
|
||
Kurang teliti
|
2
|
||
Tidak teliti
|
1
|
c. Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Mengetahui, .................., ............... 2014
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
............................... .....................................
Add Comments