(RPP 01)
Sekolah : SMP ...
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Pola Bilangan
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (8 Jam Pelajaran)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1.1.2 Serius
dalam mengikuti pembelajaran matematika.
|
2
|
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya
diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada
daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
2.2.1 Suka
bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2
Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan pola.
2.2.3 Tidak menggantungkan
diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pola
bilangan.
2.2.4 Berani presentasi di depan kelas.
|
3
|
3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan).
|
3.5.1
Memberikan contoh pola keteraturan di
alam.
3.5.2
Menentukan pola bilangan bulat.
3.5.3
Menentukan pola bilangan
segitiga.
3.5.4
Menentukan pola bilangan persegi.
3.5.5
Menentukan pola bilangan
persegipanjang.
3.5.6
Menentukan pola segitiga pascal.
|
4
|
4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk
menyelesaikan masalah.
|
4.1.1
Menggunakan pola bilangan
segitiga untuk menyelesaikan masalah.
4.1.2
Menggunakan pola bilangan
persegi untuk menyelesaikan masalah.
4.1.3
Menggunakan pola bilangan
persegipanjang untuk menyelesaikan masalah.
4.1.4
Menggunakan segitiga pascal untuk menyelesaikan masalah.
|
Selengkapnya Silahkan Klik
Add Comments