-->

Download Sillabus Matematika SMP/MTS Kelas VIII Kurikulum 2013


SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VIII
KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan
:
SMP/MTS
Kelas / Semester
:
VIII
Kompetensi Inti*


Kompetensi Inti 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Kompetensi Inti 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar**
Materi Pokok***
Pendekatan Pembelajaran****
Instrumen Penilaian*****
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
080201 Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana
080301 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan
080305 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
080304 Menentukan gradien persamaan dari grafik garis lurus
080302 Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata
080401 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
Operasi aljabar: Persamaan linear dua variabel
MENGAMATI
Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel
MENANYA
Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana kebiasaan manusia membuat bahasa menyingkat dan simbolik untuk memperjelas, mempermudah suatu komunikasi dsb
Membahas dan diskusi mempertanyakan berbagai ekspresi aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel, misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke bentuk ekspresi matematika, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk ekspresi dan sebaliknya

Tugas
resume ttg pers linear

OBSERVASI
teliti
disiplin

PORTOFOLIO
operasi ekspresi aljabar; pers linear dua variabel

TES
operasi aljabar
Penyajian fungsi
gradien garis lurus
Problem persamaan linear dua variabel
4 x 5 JP
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan

Kami berbagi .........
silahkan anda berbagi pula dengan meng-klik tautan dibawah ini sebelum meng-unduh ... Terimakasih banyak sebelumnya..


Download dari aoranur.blogspot

pariwara