-->

RPP Bahasa Indonesia kelas 8 semester satu Teks Cerita Moral Fabel anjing yang nakal Kurikulum 2013

RPP Bahasa Indonesia kelas 8 semester satu Teks Cerita Moral Fabel anjing yang nakal Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan : SMP Negeri .....................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/ Semester Satu
Materi Pokok : Teks Cerita Moral/ Fabel
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (3 X 2 Jam Pelajaran)

C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1
a. Melalui membaca teks cerita fabel dan teks cerita lain, peserta didik dapat membedakan teks cerita fabel dengan teks lain dilihat dari struktur isi dengan tepat.
b. Melalui mencermati teks cerita fabel dan teks cerita lain, peserta didik dapat membedakan teks cerita fabel dengan teks lain dilihat dari fitur bahasanya dengan tepat.

2. Pertemuan ke-2
a. Setelah melakukan pengamatan terhadap kehidupan binatang di sekitar lingkungan peserta didik , peserta didik dapat memilih objek pengamatan untuk bahan penulisan teks cerita fabel.
b. Setelah melakukan pengamatan kehidupan binatang di lingkungan sekitar peserta didik, peserta didik dapat mengumpulkan data atau bahan untuk menyusun teks cerita fabel melalui wawancara dengan lingkungan sekitar peserta didik dengan penuh tanggung jawab
c. Setelah diberi kesempatan melakukan pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat menentukan judul teks cerita fabel yang akan ditulis.
d. Setelah diberi kesempatan melakukan pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat menyusun kerangka teks cerita fabel yang akan ditulis sesuai struktur.

3. Pertemuan ke-3
a. Melalui pegamatan objek secara langsung siswa dapat menyusun teks cerita fabel sesuai pemahaman tentang teks ( menentukan judul, menuliskan orientasi, menuliskan komplikasi, dan menuliskan resolusi) dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan EYD.
b. Siswa dapat memperbaiki karya teks moral/fabel yang telah disusun dalam kelompok diskusi berdasarkan struktur teks, penggunaan bahasa, dan EYD
c. Siswa mempresentasikan hasil kerjanya dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan baahassa Indonesia yanhg baik dan benar.

Selangkapnya silahkan klik tautan dibawah ini

download dari  http://aoranur.blogspot.com/

pariwara