-->

RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 Topik. Teks Prosedur Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP Negeri .................
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas, Semester    : VIII, Genap
Materi Pokok        : Teks Prosedur

Waktu                   : 6 jam pelajaran (3 x 2 pertemuan)

A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yangsama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.4 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan kembali tujuan dan metode serta hasil kegiatan
3.3 Mengklasifikasi teks cerita prosedur baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator:
3.3.1 Mampu menyebutkan jenis-jenis teks prosedur berdasarkan isi teks
3.3.2 Mampu mengelompokkan teks prosedur berdasarkan jenisnya

4.3 Menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
Indikator:
4.3.1 Mampu menelaah judul teks prosedur.
4.3.2 Mampu menelaah pengantar teks prosedur
4.3.3 Mampu menelaah kelengkapan bahan/alat dalam teks prosedur
4.3.4 Mampu menelaah ketepatan urutan langkah membuat/melaksanakan sesuatu dalam teks prosedur
4.3.5 Mampu menelaah bahasa (diksi, struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca) teks prosedur
4.3.6 Mampu merevisi isi dan bahasa teks prosedur
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
1. Setelah membaca berbagai jenis teks prosedur, peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis teks prosedur berdasarkan isi teks dengan tepat.

selengkapnya silahkan klik tautan dibawah

download dari http://aoranur.blogspot.com

pariwara