-->

RPP Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 6. What are you doing? (pertemuan ke-3 dan ke-4) Kurikulum 2013

RPP Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 6. What are you doing? (pertemuan ke-3 dan ke-4) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : What are you doing ( Chapter VI)
Materi pokok : 2. To explain why things are happening.
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi Waktu : 2 × 2 JP



I. Kompetensi Inti

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

II. Kompetensi Dasar

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur,disiplin ,percaya diri,dan bertanggungjawab dalam Melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggungjawab,peduli,kerjasama,dan cinta damai,dalam Melaksanakan komunikasi fungsional.
3.8 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
III. Indikator

1. Spiritual
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2. Sosial
a. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
b. Menunjukkan jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab Dalam Melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
c. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam Melaksanakan komunikasi fungsional.

3. Pengetahuan
• Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4. Ketrampilan
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

IV. Materi Pembelajaran.
Teks lisan dan tulis yang menyatakan dan menanyakan tentang (a) hubungan sebab akibat dan (b) hubungan kebalikan.
Masing-masing diajarkan secara terpisah.

1. Fungsi sosial.
Menjelaskan, memberikan alasan, memberi keteladanan, memberikan klarifikasi.
2. Struktur teks.
Why didn’t you go to school yesterday? Because I got a very bad flu. Budi was late so he could not get in and follow the flag ceremony. Although it is small, our school will win “The Best School of the Year” trophy because it is very clean. I walk to school but I’m never late., dan semacamnya..

3. Unsur kebahasaan
(1) Kata yang menyatakan hubungan sebab akibat: Why?, because, so
(2) Kata yang menyatakan hubungan kebalikan: although, but
(3) Kosa kata: kata benda, kata kerja, dan kata sifat yang terkait dengan orang, binatang, benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.
(4) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal .
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi.
(6) Ejaan dan tanda baca.
(7) Tulisan tangan.

Selengkapnya silahkan klik tautan dibawah

Download dari aoranur.blogspot.com

pariwara