Berbagi Kurikulum 2013 dan KTSP : Metode Pembelajaran Metode Karyawisata

Metode Pembelajaran Metode Karyawisata

Metode Pembelajaran Metode Karyawisata (Field-Trip), Kelebihan dan Kelemahan serta Langkah-langkah



DEFINISI METODE PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Karyawisata dalam arti metode mengajar mempunyai arti tersendiri, berbeda dengan karyawisata dalam arti umum. Karyawisata di sini berarti kunjungan ke luar kelas dalam rangka belajar. Contoh: Mengajak siswa ke gedung pengadilan untuk mengetahui sistem peradilan dan proses pengadilan, selama satu jam pelajaran. Jadi, karyawisata diatas tidak mengambil tempat yang jauh dari sekolah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Karyawisata dalam waktu yang lama dan tempat yang jauh disebut study tour.

Langkah- langkah

Langkah- langkah Pokok dalam Pelaksanaan Metode Karyawisata
1. Perencanaan Karyawisata
• Merumuskan tujuan karyawisata.
• Menetapkan objek kayawisata sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
• Menetapkan lamanya karyawisata.
• Menyusun rencana belajar bagi siswa selama karyawisata.
• Merencanakan perlengkapan belajar yang harus disediakan.
2. Pelaksanaan Karyawisata
Fase ini adalah pelaksanaan kegiatan belajar di tempat karyawisata dengan bimbingan guru. Kegiatan belajar ini harus diarahkan kepada tujuan yang telah ditetapkan pada fase perencanaan di atas.
3. Tindak Lanjut
Pada akhir karyawisata siswa diminta laporannya baik lisan maupun tertulis, mengenai inti masalah yang telah dipelajari pada waktu karyawisata.

Metode-metode lainnya
Metode Ceramah
Metode Demontrasi
Metode Diskusi
Metode Simulasi
Metode Tugas dan Resitasi
Metode Tanya Jawab
Metode Kerja Kelompok
Metode Problem Solving
Metode Sistem Regu (Team Teaching)
Metode Latihan (Drill)
Metode Karyawisata (Field-Trip)