(RPP)
Sekolah : SMP / MTS ...........................................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VII / I
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Tema / Topik : Pencak Silat
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2 x 3 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompentensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, danolahraga, dicerminkandengan : Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
2.1 Berlaku sportif dalam bermain.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.4 Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan olahraga beladiri.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga beladiri
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Melakukan doa
2. Menunjukkan sikap sportif dalam bermain
3. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
4. Melakukan teknik dasar langkah dengan benar
5. Melakukan teknik dasar mrangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapakan peserta didik dapat :
1. Melafalkan doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2. Menunjukkan sikap sportif dalam bermain
3. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
4. Siswa dapat melakukan teknik dasar langkah dengan benar
5. Siswa dapat melakukan teknik dasar mrangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah
E. Materi Pembelajaran
Pencaksilat
• Teknik dasar kuda-kuda
• Teknik dasar langkah dan merangkai
F. Metode Pembelajaran
- Pertemuan 1-2 = penugasan dan resiprokal/timbal-balik
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 - 2
1. Kegiatan Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
Mengamati:
• Berdoa sebelum dan setelah pelajaran
• Membaca informasi tentang variasi dan kombinasi pencak silat (kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, dan elakan) dan
• Mencari informasi lain tentang variasi dan kombinasi pencak silat (kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, dan elakan) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, atau
• Mengamati pertandingan pecak silat secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi pencak silat (kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, dan elakan) dan membuat catatan hasil pengamatan.
Selengkapnya klik dibawah
download dari http://aoranur.blogspot.com
Add Comments