-->

Metode Pembelajaran Tanya Jawab

Metode Pembelajaran Tanya Jawab, Kelebihan dan Kelemahan serta Langkah-langkah




DEFINISI METODE PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Metode tanya jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru.

penting

Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam metode tanya jawab ini antara lain:
1. Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab.
• Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah dikuasai oleh siswa.
• Untuk merangsang siswa berfikir.
• Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum dipahami.
2. Jenis pertanyaan. Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, yakni pertanyaan ingatan dan pertanyaan pikiran:
• Pertanyaan ingatan, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana pengetahuan sudah tertanam pada siswa. Biasanya pertanyaan berpangkal kepada apa, kapan, di mana, berapa, dan yag sejenisnya.
• Pertanyaan pikiran, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana cara berpikir anak dalam menanggapi suatu persoalan. Biasanya pertanyaan ini dimulai dengan kata mengapa, bagaimana.
3. Tehnik mengajukan pertanyaan. Berhasil tidaknya metode tanya jawab, sangat bergantung kepada tehnik guru dalam mengajukan pertanyaanya. Metode tanya jawab biasanya dipergunakan apabila:
• Bermaksud mengulang bahan pelajaran.
• Ingin membangkitkan siswa relajar.
• Tidak terlalu banyak siswa.
• Sebagai selingan metode ceramah.

Metode-metode lainnya
Metode Ceramah
Metode Demontrasi
Metode Diskusi
Metode Simulasi
Metode Tugas dan Resitasi
Metode Tanya Jawab
Metode Kerja Kelompok
Metode Problem Solving
Metode Sistem Regu (Team Teaching)
Metode Latihan (Drill)
Metode Karyawisata (Field-Trip)

pariwara